<a href="https://lovegodgreatly.com/indonesian/give/">Donasi</a>

MENGAPA S.O.A.P.?

Hal yang sederhana saat hanya membaca ayat-ayat Alkitab, tetapi saat Anda berinteraksi dengan ayat-ayat itu, saat Anda belajar untuk mengambil waktu untuk SUNGGUH-SUNGGUH membacanya, tiba-tiba kata-kata itu mulai bermunculan keluar dari halaman. Dengan melakukan metode S.O.A.P. dengan ayat-ayat ini Anda dapat menggali lebih lagi ke dalam ayat-ayat dan “melihat” lebih daripada hanya membaca ayat-ayat itu dan pergi. Saya ingin mendorong Anda untuk mengambil waktu melakukan S.O.A.P. setiap hari dan melihat secara pribadi seberapa banyak Anda peroleh dari pembacaan harian…..Anda akan terpesona.

APA ARTINYA S.O.A.P. ?

S – singkatan dari Scripture (Firman Tuhan) – Anda menulis ayat-ayat dari bacaan Alkitab… Anda akan terkagum-kagum melihat apa yang akan Tuhan nyatakan kepada Anda saat Anda mengambil waktu untuk membaca dan menulis apa yang Anda baca dalam Firman Tuhan!

O – singkatan dari Observation (Observasi) – apa yang Anda dapat lihat di dalam ayat-ayat yang Anda baca? Kepada siapakah ayat-ayat itu ditulis? Apakah ada kata-kata yang ditulis berulang kali dalam ayat-ayat itu? Apakah ada kata yang muncul khusus untuk Anda saat membaca ayat-ayat itu?

A – singkatan dari Application (Terapan) – ini adalah waktu dimana Firman Tuhan menjadi pesan khusus hanya untuk Anda. Apakah yang Tuhan katakan kepada saya hari ini? Bagaimana dapat saya aplikasikan dalam kehidupan pribadi saya dari apa yang baru saja saya baca? Perubahan apa yang perlu saya lakukan? Apakah ada yang perlu saya lakukan? Apakah perintah Tuhan kepada saya hari ini?

P – singkatan dari Prayer (Doa). Berdoa kepada Tuhan menggunakan FirmanNya. Jika Tuhan menyatakan sesuatu kepada Anda sewaktu Anda membaca FirmanNya, doakan hal itu. Jika Tuhan menyatakan ada dosa di dalam hidup Anda yang perlu pertobatan, akui dosa Anda kepada Tuhan lewat doa.

Mendalami Firman Tuhan dengan cara ini Anda dapat mengambil waktu sedikit atau waktu panjang selama Anda dapat berikan. Terkadang itu hanya 10 atau 15 menit, terkadang lebih lama dari itu.

BAGAIMANA SAYA DAPAT MELAKUKAN S.O.A.P.?

Ini satu contoh pribadi

Kolose 1:5-8

S – Iman dan kasih yang timbul dari pengharapan yang disediakan bagi kamu di surga dan yang telah kamu dengar dalam firman kebenaran, Injil yang sudah sampai kepada kamu. Di seluruh dunia, Injil ini berbuah dan berkembang, sebagaimana juga diantara kamu sejak hari kamu mendengarnya dan memahami kasih karunia Allah dalam segala kebenarannya. Kamu mempelajarinya dari Epafras, kawan pelayanan yang kami kasihi, pelayan Kristus yang setia atas nama kami, dan yang juga manyatakan pada kami kasihmu dalam Roh.

O – (Banyak kali saya menuliskan observasi saya…apa yang saya lihat pertama kali membaca ayat-ayat itu)
Saat Anda menggabungkan iman dan kasih, Anda mendapatkan pengharapan.
Kita harus mengingat bahwa harapan kita ada di surga… yang masih akan datang.
Injil adalah Firman Kebenaran.
Injil secara terus-menerus berbuah dan berkembang sejak hari pertama sampai hari terakhir.
Hanya dibutuhkan satu orang untuk mengubah seluruh komunitas… Epafras.

A – Satu hal yang menonjol dari yang saya baca hari ini adalah bagaimana Tuhan memakai satu orang, Epafras, untuk mengubah seluruh kota! Saya diingatkan bahwa kita secara sederhana dipakai untuk memberitahu orang-orang lain tentang Kristus…..pekerjaan Tuhanlah untuk menyebarkan Injil…..menumbuhkannya, dan membuatnya berbuah. Saya merasa ayat hari ini hampir secara langsung ditujukan untuk LGG..… “di seluruh dunia Injil ini berbuah dan bertumbuh, sebagaimana juga diantara kamu sejak hari kamu mendengarnya dan memahami kasih karunia Allah dalam segala kebenarannya.” Bukanlah sangat luar biasa saat Firman Tuhan menjadi hidup dan berbicara langsung kepada kita?!!! Doa saya hari ini adalah semua perempuan yang terlibat dalam pendalaman Alkitab ini akan memahami kasih karunia Tuhan dan memiliki kehausan akan Firman-Nya.

P – Ya Tuhan, tolongnya saya untuk menjadi seorang “Epafras”…..untuk memberitahukan tentang Engkau kepada orang-orang lain dan kemudian menyerahkan hasilnya dalam tanganMu yang pengasih. Tolong bantulah saya untuk memahami dan menerapkan apa yang telah saya baca hari ini dalam hidup saya secara pribadi, untuk menjadi semakin seperti Engkau setiap hari. Bantulah saya untuk menghidupi hidup yang menghasilkan buah iman dan kasih…menaruh harapan saya di surga, bukan disini di bumi. Bantulah saya untuk mengingat bahwa yang TERBAIK masih akan datang!

Ingat, bahan terpenting dalam metode S.O.A.P. adalah interaksi ANDA dengan Firman Tuhan dan TERAPAN Firman Tuhan kedalam hidup ANDA.

BERGABUNGLAH DENGAN KOMUNITAS KAMI

Kami bergandengan tangan dalam kasih dan kesatuan hati untuk tujuan ini…
untuk mengasihi Tuhan Allah denga segenap hidup kami…

Love God Greatly dimulai dengan sebuah rencana bacaan Alkitab yang sederhana, tapi kami tidak berhenti disitu. Kami berkumpul di rumah-rumah dan gereja-gereja lokal kami, sementara kelompok wanita-wanita yang lain berkumpul dan berjumpa secara online di seluruh dunia.