<a href="https://lovegodgreatly.com/indonesian/give/">Donasi</a>

Fear And Anxiety

Apakah Anda membayangkan hidup tanpa ketakutan atau kecemasan? Saya tidak dapat membayangkannya. Ketakutan dan kecemasan sudah saat menjadi bagian hidup kita sehingga membayangkan hidup tanpa ketakutan, kecemasan, atau kegelisahan sungguh sangat tidak mungkin. Hanya Adam dan Hawa yang pernah mengalami hidup seperti ini – sampai saat mereka melanggar hukum Tuhan yang sempurna. Sejak saat itu, ketakutan dan semua perasaan sejenisnya telah mendiami hati kita.

Tidak ada seorangpun yang kebal akan perasaan ini. Kita semua mengalaminya, mulai dari rasa gelisah yang ringan dan khawatir, sampai dengan rasa cemas yang melumpuhkan dan rasa teror yang gelap. Kita dapat menghabiskan berminggu-minggu berbicara tentang hal-hal yang merampok kita dari tidur kita, dan mengganggu pikiran kita. Beralih dari berfokus pada “apa” yang mempengaruhi kita, kita akan memandang ketakutan dan kekhawatiran dengan cara pandang siapa Tuhan kita dan bagaimana kita dapat mengatasinya dengan kekuatan Firman.

Tapi apa itu ketakutan?

Ketakutan bisa berarti banyak hal. Ketakutan adalah rasa cemas atau ngeri akan hasil dari sesuatu, atau rasa tertekan karena bertanya-tanya apakah kebutuhan atau keinginan Anda akan terpenuhi.

Hal apapun bisa menyebabkan ketakutan. Ketakutan dapat dipicu oleh orang, keadaan, pengalaman, kesusahan, penyakit, kematian, kehilangan, rasa sakit, kenangan masa lalu, ketidak-mengertian akan masa depan, atau imajinasi kita sendiri.

Orang yang putus asa akan menemukan alasan untuk merasa takut di saat tidak ada alasan untuk takut; sekelompok orang memiliki kemampuan menemukan masalah; jika Tuhan tidak memberikan mereka masalah, mereka membuat masalah sendiri! Sepertinya mereka memiliki satu pabrik masalah kecil di dalam rumah mereka, dan mereka duduk, menggunakan imajinasi mereka untuk merenungkan teror; – Spurgeon

Ketakutan dan kecemasan tidak hanya mempengaruhi kita secara mental, tapi juga secara fisik. Ketakutan membuat perut kita sakit dan jantung kita berdetak cepat. Ketakutan membuat kita sulit berkonsentrasi atau duduk tenang. Ketakutan dapat membuat kita kehilangan nafsu makan, atau memberi nafsu makan berlebihan, membuat tidak dapat tidur dan membuat kita ingin menangis terus. Rasa ketakutan adalah perasaan yang tidak enak, karena itu masuk akal kalau kita ingin belajar bagaimana untuk merasa tidak takut, dan bagaimana mengatasi kekhawatiran. Namun ada tingkat ketakutan yang lebih dalam dan lebih gelap.

Ketakutan adalah hilangnya percaya pada Tuhan. Ketika kita membiarkan kekhawatiran mengambi alih, kita tidak mematuhi Tuhan karena percaya pada sesuatu selain Firman-Nya. Ketakutan kita menunjukkan ketidakpercayaan pada siapa Tuhan itu, apa yang Dia dapat lakukan, ketidakpercayaan akan kebaikan dan kepedulian-Nya pada kita, dan ketidakpercayaan akan kebesaran-Nya.

Tapi ini kabar baiknya. Meski kita akan membahas beberapa hal yang menyebabkan ketakutan kita juga akan melihat bagaimana kita dapat mengatasi ketakutan kita melalui kuasa Firman-Nya. Kemenangan kita akan mulai saat kita memandang siapa Tuhan kita dan menaruh iman kita pada-Nya dan janji-Nya pada umat-Nya.

Kita tidak harus dikuasai oleh ketakutan kita, dan saat mata kita memandang pada apa yang Yesus telah lakukan untuk menyelamatkan kita – tidak hanya dari hukuman dari dosa tapi dari kuasa dosa – kita akan dapat melihat bagaimana ketakutan dan kecemasan tidak memiliki dasar dalam hidup kekristenan kita.

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau,
janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu;
Yesaya 41:10

Sahabat dalam Kristus, hanya ada satu Pribadi yang dapat berkuasa atas keadaan, ketakutan, dan kekhawatiran Anda. Satu-satunya Tuhan yang nyata dan hidup. Ia bertindak dan menyelamatkan Anda karena Ia mengasihi Anda. Dia adalah Tuhan Anda.


BERGABUNGLAH DENGAN KAMI selama enam minggu mempelajari dan mendalami kebenaran Firman Tuhan yang dapat mengatasi rasa takut dan cemas dalam kehidupan kita sehari-hari. Lewat Firman Tuhan, kita akan mempelajari siapa Tuhan Allah kita dan bagaimana Ia selalu ada untuk menolong kita.

Pendalaman Alkitab bersama akan mulai tanggal 4 Mei 2020. Buku pendalaman Alkitab ini dapat Anda unduh di website kami ini.

Bagikan ini dengan keluarga, teman, dan orang-orang yang Anda kenal sehingga mereka juga dapat mengalami Tuhan bersama-sama! Anda dapat membuat kelompok belajar bersama di rumah Anda, cafe, gereja, atau secara online lewat Facebook, Instagram, WhatsApp, atau sosial media lainnya yang Anda gunakan.

Dan Anda dapat mengikuti kami di sosial media kami untuk mendapatkan berita terbaru dan penguatan rohani setiap hari:

Facebook | Instagram | Twitter

Grup Pendalaman Alkitab Facebook

Tuhan Yesus memberkati!